Kompas Penunjuk Cara Menentukan Arah Kiblat Sholat Online

Arah kiblat memang menjadi permasalahan yang cukup menarik untuk mencoba di perjelas lebih jauh bagaimana cara menentukan arahnya, pasalnya kiblat ini menjadi acuan utama atau patokan arah semua umat islam seluruh dunia dalam menjalankan ibadah sholat khususnya. Jika melihat pada perjalanan sejarah, awalnya arah kiblat untuk sholat mengarah ke baitulmuqaddis yang sekarang di sebut dengan Jerusalem, tetapib perkiraan sekitar tahun 624 masehi arah kiblat di ubah menjadi ke ka’bah yang berada di kota makah tertunya pemindahan ini berdasarkan perintah allah swt yang tercantum dalam surat al-baqarah ayat 144.

Perlu sedikit di pahami bahwa kiblat sendiri bukanlah sesuatu yang disembah oleh umat islam, melainkan patokan arah saja di mana orang ketika hendak shalat tidak lagi sembarang menghadap dan menjadi acak-acakan, sehingga dalam ibadah lebih terlihat tertib dan di manapun adanya umat muslim beribadah akan selaras menghadap kepada satu arah, tidak jauh berbeda dengan jadwal sholat yang memiliki waktu tertentu dan menjadi waktu ketika sholat, tujuannya sama selain menjadi perintah dari allah juga dalam beribadah lebih terasa tertib.

Dalam persoalan pentingnya kiblat dalam beribadah umnat muslim yaitu sholat, hal ini sudah di sepakati oleh para ulama dari kalangan empat madzhab Syafi’i, Hanafi, Maliki, Imam Hambali yang menyatakan bahwa menghadap kiblat menjadi salah satu syarat sah sholat. Dengan begitu sudah pasti apabila mengerjakan sholat tidak menghadap kiblat, berarti salah satu tidak terpenuhi dan otomatis sholatnya pun di pstikan tidak sah, terkecuali dalam beberapa permasalahan misalnya ketika berada di kendaraan, ketika shalat khauf atau ketika seseorang berada di suatu tempat yang sulit untuk mengetahui arah kiblat kemana.

Gambar Arah Kiblat

Sebenarnya dalam islam menghadap ke arah kiblat tidak hanya sebatas ketika melakukan sholat saja tetapi juga di lakukan ketika melaksanaan amalan lainnya, bahkan dalam hal ini para ulama membagi menjadi 3 hukum dalam penggunaan menghadap kiblat yaitu wajib apabila sedang melaksanakan sholat fardhu 5 waktu, sholat sunnah, meletakan jenazah dalam kubur dan ketika tawaf di Baitullah. Selanjutnya memiliki hukum sunnah yaitu ketika membaca Al-Quran, berdoa, berzikir, tidur (bahu kanan dibawah) dan lain-lain yang berkaitan, kemudian haram yaitu ketika Ketika membuang air besar atau kecil di tanah lapang tanpa ada dinding penghalang terakhir makruh yaitu ketika Membelakangi arah kiblat dalam setiap perbuatan seperti membuang air besar atau kecil dalam keadaan berdinding dan lain sebagainya.

Cara menentukan Arah Kiblat Dengan Matahari Tanpa Kompas

Terdapat beberapa metode yang bisa di lakukan untuk menentukan arah kiblat dengan benar seperti salah satu menggunakan perjalanan matahari atau menentukan posisi matahari lurus dengan Ka’bah di Makkah. Sebenarnya jika memehami tentang ilmu falak maka dalam menentukan arah kiblat sangat mudah sekali di lakukan serta lebih simpel sebab dengan ilmu ini untuk mengetahui arah kiblat bisa di lakukan kapan saja tanpa harus menunggu waktu tertentu yaitu dengan cara menggunakan penghitungan matematis menggunakan rumus segitiga bola atau yang dikenal dengan Spherical Trigonometri dengan mengetahui terlebih dahulu koordinat Lintang dan Bujur, baik Ka’bah maupun lokasi yang akan diukur.

Selain menggunakan ilmu falaq, ada cara lagi yang lebih mudah dalam menentukan arah kiblat yaitu berpatokan kepada bayang-bayang yang dihasilkan matahari pada peristiwa yang dikenal istiwa’ a’dham atau rashdul qiblat, yang mana pada saat tersebut posisi matahari tepat berada di atas Ka’bah sehingga seluruh bayangan benda tegak lurus akan mengarah ke arah Baitullah (kiblat). Namun sayangnya peristiwa ini hanya terjadi 2 kali dalam setahun yaitu pada tanggal 28 Mei (atau 27 Mei di tahun kabisat) sekitar pukul 16.18 WIB dan 16 Juli (atau 15 Juli di tahun kabisat) sekitar pukul 16.27 WIB dan Jam-jam tersebut merupakan waktu dzuhur untuk kota Makkah.

Cara menentukan Kiblat memakai Kompas

1. Sediakan Kompas
2. Tabel Seperti Di Bawah Ini

KOTAZ2 (Z+D)Ci2 (Ci+D)
Banda Aceh291.19°66.85°
Medan292.27°66.73°
Padang294.47°65.07°
Palembang295.03°65.91°
Jakarta295.9°65.6°
Bandung296.02°65.68°
Cirebon295.84°66.1°
Semarang295.65°66.65°
Jogja295.86°66.44°
Surabaya295.37°67.29°
Madiun295.48°66.68°
Kediri295.62°66.98°
Samarinda292.94°68.98°
Balikpapan293.23°68.87°
Pontianak293.44°68.06°
Manado292.26°69.5°
Palu292.87°69.19°
Makasar293.95°68.99°
Jayapura295.14°72.46°

Penjelasan
Z2 = Azimut kota mekah dari kota kita (arah kiblat ke “Z2” derajat dengan jarum merah kompas mengarah ke 0 derajat / utara kompas)
Ci2 = Azimut indeks kota/city index (dengan arah kiblat ke 0 derajat / utara kompas)

Cara 1. Menentukan kiblat Menggunakan Data “Z2”
1. Letakkan kompas pada bidang datar
2. Putar-putar kompas dengan perlahan hingga 0 derajat berada tepat di bawah jarum merah
3. Dengan tabel di atas, tentukan nilai “Z2” kota anda. Contoh: kota samarinda, Z2 = 292.94°
4. Bayangkan ada garis lurus dari tengah kompas ke “Z2” kota anda. Itulah arah kiblatnya

Cara 2. Menentukan kiblat Menggunakan Data “Ci2”
1. Letakkan kompas pada bidang datar
2. Putar-putar kompas hingga jarum merah mengarah ke “Ci2” derajat kota anda (lihat tabel di atas). Contoh: kota samarinda, Ci2 = 68.98°
3. Bayangkan ada garis lurus dari tengah kompas ke 0 derajat. Itulah arah kiblatnya

Cara mana saja HASILNYA insya Allah akurasinya tinggi jika:
1. Data deklinasi magnetik yang saya gunakan (pada tabel di akhir artikel) masih sesuai dengan deklinasi magnetik bumi terakhir (yang sebenarnya/yang ter-up-to-date/terkini)
2. Data azimut (Z) masih sesuai dengan azimut yang ter-up-to-date. Maksudnya kerak bumi tidak bergeser terlalu jauh hingga menyebabkan azimut kota mekah dari kota tempat anda berada (saat ini, yang sebenarnya) NILAINYA tidak terlalu jauh berbeda dengan NILAI azimut (Z) pada tabel di bawah yang sedang saya gunakan untuk mendapatkan nilai tabel di atas.

Namun walaupun kedua cara di atas akurasinya sama-sama tinggi, saya lebih cenderung kepada cara yang kedua, karena 0 derajat / north-nya badan kompas ‘dibantu’ dengan simbol “N” (north / utara) dan arah panah, yang mana simbol-simbol visual tersebut sangat membantu kita membayangkan (garis) arah kiblat lebih akurat lagi.

Jika nama kota yang ingin anda cari arah kiblatnya tidak tercantum pada tabel di atas, anda bisa menuju akhir artikel ini dan membuka link yang nomor [2].

BAIKNYA PAHAM:
– Jarum kompas tidak 100% mengarah ke utara.
– True north yang sebenarnya kita sebut saja “utara sejati” (N).
– Magnetic north, yang ditunjukkan jarum kompas, kita sebut saja “utara bohongan” (Nm).
– Utara sejati itu mengarah ke KUTUB BUMI secara geografis (sesuai sumbu bumi). Utara bohongan mengarah ke KUTUB MAGNET BUMI.
– Posisi. KUTUB BUMI dan KUTUB MAGNET BUMI itu beda? Kok bisa? Pertama, karena sumbu rotasi, dengan ‘batang tubuh’ (sumbu) magnet yang tertanam dalam bumi, tidak sejajar, membentuk sudut 11,5 derajat penyimpangan [4]. tidak simetris. Kedua, karena sumbu magnetis bumi tidak tegak lurus, penyimpangan utara & dan selatannya sejauh 2.700 km dari sumbu tegak lurusnya [4].
– Pembangkit. ‘batang tubuh’ magnetis secara fisik (material yang menimbulkan gaya magnetis bumi) bukanlah batang besi berbentuk balok, melainkan aliran konvektif ion-ion besi dan lainnya, pada inti bumi bagian luar, yang sifatnya cair namun sangat kental. Ditenagai oleh panas internal bumi [4].
– Kok jarum kompas mengarahnya ke KUTUB MAGNET BUMI? nggak bisakah mengarah ke KUTUB BUMI saja? Jadi, material jarum kompas itu mengandung magnet, kemampuannya sebatas bergerak mengikuti arah gelombang MAGNET BUMI berasal, sesuai kodratnya magnet. Bukan mengandung kecerdasan buatan untuk mengetahui KUTUB BUMI secara geografis.

Aplikasi Arah Kiblat

Seiring dengan perkembangan teknologi digital yang semakin maju, maka berdampak pada semakin mudah melakukan berbagai hal yang tadinya sulit untuk di lakukan sekarang lebih mudah dan ringan seperti contoh dengan semakin banyaknya aplikasi penentu arah kiblat secar online yang tersedia di dalam berbagai perangkat baik itu yang tersedia di dalam playstore, android, smartphone, ios, iphone, tablet dan lain sebagainya. Untuk mengetahui apa saja yang bisa di rekomendasikan agar bisa di miliki setiap orang, berikut sederetan dari aplikasi arah kiblat yang bisa langsung di download.

1. Qiblat Locator
2. Muslim Pro: Waktu Sholat Quran
3. Find Kiblat Pro
4. Kompas Arah Kiblat & Sholat
5. Arah Kiblat
6. Kiblat Visual
7. Cari Arah Kiblat
8. 100% Kiblat & Sholat
9. Qibla Compass

Itulah beberapa di anatar pembahasan mengenai arah kiblat yang bisa menjadi pengetahuan bagi kalian yang belum paham. Namun sebenarnya permasalahan mengenai arah kiblat ini sangat luas sekali bahkan sangat banyak tidak hanya sampi di sini saja, sehingga dengan begitusilahkan pelajari lagi semua yang msaih ada kaitannya dengan kompas penunjuk cara menentukan arah kiblat sholat online visual di rumah timur atau barat secara manual menggunakan yang benar dan lain sebagainya.