Bacaan Surat Doa Ayat Kursi Latin Arab Terjemahan Dan Artinya

Ayat kursi adalah satu di antara sekian banyaknya amalan doa yang selalu rutin di bacakan oleh umat islam setiap hari baik itu ketika sesudah shalat, mau tidur atau ketika sedang dalam suatu acara khusus seperti selamatan dan yang lainnya. Kalimat yang tercantum dala ayat kursi bukan lah doa seperti pada umumnya tetapi di ambil dari beberapa ayat surat al baqarah sehingga dengan begitu tidak heran apabila bacaan ayat kursi memiliki keutamaan dan keistimewaan yang sangat tinggi itu pun apabila di amalkan dalam sehari-hari.

Harus di akui apabila setiap amalan yang di anjurkan selalu rutin di amalkan dengan baik dalam keseharian maka pasti bagi orang yang mengamalkannya akan mendapat kebaikan contoh seperti dari sayyidul istighfar dan sejenisnya. Dan begitu juga untuk ayat kursi, banyak sekali keterangan-keterangan yang menjelaskan keutamaan atau khasiat dari membaca ayat kursi yang mencakup keterangan kesunnahan selalu membacanya setelah selesai shalat fardu 5 waktu sebagaimana Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda.

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

“Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44.). Maksudnya, tidak ada yang menghalanginya masuk surga ketika mati.

Gambar Ayat Kursi

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir, ia berkata,

أَمَرَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أَقْرَأَ الْمُعَوِّذَاتِ دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan padaku untuk membaca mu’awwidzaat di akhir shalat (sesudah salam).” (HR. An Nasai no. 1336 dan Abu Daud no. 1523). Yang dimaksud mu’awwidzaat adalah surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Hajar Al Asqolani. (Fathul Bari, 9/62)

Perlu di ingat bahwasanya ayat kursi ini adalah ayat yang sangat agung yang terdapat dalam Al-qur’a shingga apabila benar-benar bisa di amalkan dengan sebaik mungkin maka tentunya akabisa memberikan manfaat untuk kehidupan kita baik itu semasa masih di dunia atau di akhirat nanti, bahkan dalam salah satu keterangan di jelaskan lagi bahwa “Bacalah Ayat Kursi karena dapat menjaga dirimu, anak-anakmu dan tempat tinggalmu serta rumah yang ada disekitar tempat tinggalmu. Apabila dibaca pada pagi hari dan petang hari maka akan aman dari gangguan jin. Apabila engkau membacanya ketika engkau hendak tidur maka Allah akan menjagamu sehingga setan tidak akan mampu mendekatimu hingga pagi hari.

Keterangan tersebut menunjukan kepada kita bahwa di jamin seseorang yang selalu mengamalkan ayat kursi akan di jaga hidupnya dari gangguan-gangguan syetan bahkan tidak hanya dia saja tyetapi juga mencakup keluarga dan tetangga yang ada di sekitarnya. Lebih jauhnya lagi apabila melihat salah satu penjelasan ada di antaranya yang menerangkan bahwa membaca ayat kursi hampir setara dengan membaca seperempat ayat al-qur’an, Dan selain itu masih banyak juga riwayat yang menjelaskan dari khasiat ayat kursi tersebut.

Dengan melihat penjelasan dari keutamaan-keutamaan ayat kursi yang begitu besar, maka sudah sepatutnya kita sebagai umat islam yang selalu menginginkan hal terbaik untuk dunia dan akhirat agar senantiasa mengamalkan bacaan ayat kursi baik sesudah selesai shalat atau ketika sebelum tidur. Sehingga bagi yang belum hafal harus benar-benar sesegera mungkin untuk memehami bacaan ayat kursi dan bagi yang sudah paham segera ajarkan kepada anak-anak agar mereka bisa mengamalkannya dengan baik, dan berikut di bawah ini adalah bacaannya.

Bacaan Ayat Kursi

اللّهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاء وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَلاَ يَؤُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

allaahu laa ilaaha illaa huwa alhayyu alqayyuumu laa ta/khudzuhu sinatun walaa nawmun lahu maa fii alssamaawaati wamaa fii al-ardhi man dzaa alladzii yasyfa’u ‘indahu illaa bi-idznihi ya’lamu maa bayna aydiihim wamaa khalfahum walaa yuhiithuuna bisyay-in min ‘ilmihi illaa bimaa syaa-a wasi’a kursiyyuhu alssamaawaati waal-ardha walaa yauuduhu hifzhuhumaa wahuwa al’aliyyu al’azhiimu.

Artinya : Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Mungkin kebanyakan dari umat islam sudah begitu mengetahui dan paham betul dengan bacaan ayat kursi di atas, namun nyatanya tidak sedikit pula orang yang belum paham bahkan tidak mengetahui bagai mana bacaan lengkap dari ayat ini. Maka dari kami mencoba menulisnya dengan lengkap untuk memfasilitasi mereka yang mau benar-benar menghafalnya dengan baik. Dan silahkan cermati juga semua yang berkaitan dengan bacaan surat doa ayat kursi latin arab terjemahan dan artinya free mp3 download youtube suara merdu lengkap dan yang lainnya.