Lafadz Bacaan Takbiran Malam Hari Raya Idul Fitri Dan Idul Adha

Hari kemenangan sudah tiba, malam yang di nantikan sudah di depan mata mari kita semua memanjatkan rasa syukur kepada sang maha kuasa dengan mengagungkannya melalui kalimat-kalimat takbir di hari kemenangan ini atas keberhasilan melewati bulan ramadhan dengan sempurna yang di isi oleh ibadah puasa sebulan penuh serta pada hari idul adha. Bersama dengan umat islam dari seluruh dunia mari kita lantunkan alunan suara takbir, tasbih, tahmid dan tahlil.

Dalam setahun terdapat 2 hari raya yang harus di agungkan oleh semua umat islam atas kedatangannya dengan di isi oleh berbagai jenis ibadah sebelumnya dan hari tersebut. Pertama hari raya idul fitri yang ada pada tanggal 1 syawal setelah ramadhan dan yang kedua hari raya idul adha atau yang di sebut hari raya qurban. Keduanya termasuk hari istimewa yang di anjurkan untuk di isi dengan amal kebaikan termasuk melantukan kalimat-kalimat takbiran pada keduanya.

Berbeda dengan aktivitas ucapan lebaran idul fitri yang selalu menghiasi media sosial pada kedua hari raya, tetapi melantunkan kalimat takbiran ini memiliki makna yang sangat dalam serta dasar hukum yang cukup jelas. Di mana salah satunya dengan melantunkan kalimat-kalimat agung tersebut, menjadi bukti bahwa kita sedang mencurahkan rasa syukur kepada sang ilahi, sebab telah di beri kesempatan bertemu dengan bulan dan hari istimewa serta masih di beri kesempatan melakasanakan kewajibannya.

Gambar takbiran idul fitri idul adha

Sudah menjadi ciri khas warga islam indonesia, ketika datang hari raya idul fitri dan idul adha mereka semua akan ramai-ramai secara bersama-sama melantukan kalimat takhbir, baik itu di perkotaan hingga kepeloksok-peloksok daerah lantunan gema tekbir ini akan terus menggema. Bahkan tidak hanya di mesjid-mesjid atau mushola akan tetapi umat islam indonesia akan ramai turun ke jalanan melakukan takbiran keliling dengan tidak pernah berhenti melantunkan kalimat takbir mulai dari malam hingga siang harinya.

Bacaan Takbiran Idul Fitri Dan Idul Adha

1. Bacaan Takbiran Pendek

اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ، لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ واللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ وَِللهِ الحَمْدُ

Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd

Artinya : Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar, Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar Allah maha besar dan segala puji bagi Allah.

2. Bacaan Takbiran Lengkap

اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَر اَللَّهُ اَكْبَرْ ـ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ ـ اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ
اَللَّهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلاً ـ لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَلاَنَعْبُدُ اَلاَّ اِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْنَ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْـدَهُ وَنَصَرَعَبِدَهُ وَاَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ . اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ

Allahu akbar. Allahu akbar. Allahu akbar. Laa – ilaaha – illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar walillaahil – hamd.

Allahu akbar. Allahu akbar. Allahu akbar. Allaahu akbar kabiiraa walhamdulillaahi katsiiraa, wasubhaanallaahi bukrataw-wa ashillaa. Laa-ilaaha illallallahu walaa na’budu illaa iyyaahu, mukhlishiina lahuddiin, walau karihal-kaafiruun. Walau karihal munafiqun. Walau karihal musyriku. Laa-ilaaha-illallaahu wahdah, shadaqa wa’dah, wanashara ‘abdah, wa-a’azza-jundah, wahazamal-ahzaaba wahdah. Laa-ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar walillaahil-hamd.

Artinya : Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tiada Tuhan kecuali Alah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan bagi-Nya segala pua dan puji.

Allah Maha Besar dan pujian bagi Allah sebanyak-banyaknya, bertasbih kepada Allah setiap pagi dan petang. Tidak ada Tuhan kecuali Allah, dan kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya dengan ikhlas menjalankan agama walaupun orang-orang karif membenci. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata. Benar janji-Nya, dan menolong hamba-Nya, juga lasykar-Nya dan menghancurkan musuhNya dengan dirinya semata. Tidak ada Tuhan kecuali Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan bagi Allah semata segala puja dan puji.

Lalu bagaimana kedudukan hukum dari membaca takbir pada kedua hari raya tersebut, apakah ada dasar hukumnya?. Sudah pasti ada yang mana penjelasannya yaitu sesuai petunjuk aturan pembacaan takbir, terbagi dua macam takbir mursal dan takbir muqayyad. Takbir mursal adalah pembacaan takbir yang tidak terikat waktu, karena dianjurkan sepanjang malam. Seperti takbir di malam idu fitri dan idul adha. Adapun takbir muqayyad adalah takbiran yang terbatas pada waktu, seperti pembacaan takbir setiap selesai sahalat lima waktu selama hari raya idu adha dan hari tasyrik, 11.12 dan 13 dzul hijjah.

Anjuran pembacaan takbir ini berlandaskan pada surat al-Baqarah ayat 185:

ولتكملوا العدة ولتكبروا الله على ماهداكم ولعلكم تشكرون

Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Begitu juga anjuran Rasulullah saw dalam haditsnya yang berbunyi:

زينوا اعيادكم بالتكبير

Hiasilah hari raya kalian dengan memperbanyak membaca takbir

Anjuran memperbanyak takbir ini sepadan dengan imbalan yang dijanjikan karena sabda rasulullah saw:

اكثروا من التكبير ليلة العيدين فانهم يهدم الذنوب هدما

Perbanyaklah membaca takbiran pada malam hari raya (fitri dan adha) karena hal dapat melebur dosa-dosa.

Dari berbagai dalil di atas para faqih menghukumi pembacaan takbir sebagai sebuah kesunnatan. Sebagaimana yang ditrangkan dalam kitab Fathul Qarib

ويكبر ندبا كل من ذكر وانثى وحاضر ومسافر فى المنازل والطرق والمساجد والاسواق من غروب ليلة العيد (اي عيد الفطر) الى ان يدخل الامام فى الصلاة

Disunnahkan membaca takbir bagi lagi-laki dan perempuan, di rumah maupun di perjalanan, di mana saja, di jalanan, di masjid juga di pasar-pasar mulai dari terbenarmnya matahari malam idul fitri hingga Imam melakukan shalat id.

Bagi yang ingin menghafal, silahkan pelajari kalimat takbiran idul fitri idul adha di atas serta pahami juga semua yang berkaitan dengannya. Jika ingin langsung mendengarnya bisa mencari melalui free download gema lagu takbiran mp3 nonstop dari ustad jefri atau dari yang lainnya. Dan pelajari juga semua yang masih berhubungan dengan lafadz bacaan takbiran malam hari raya idul fitri dan idul adha serta lain sebagainya.