Bacaan Doa Niat Buka Puasa Dan Makan Sahur Waktu Sesuai Sunnah

Istilah buka puasa adalah sebuah nama dalam aktivitas pembatalan puasa yang di lakukan pada waktu maghrib dengan minum dan makan sesuatu yang bisa masuk ke dalam perut dan disertai oleh pekerjaan sunnah lain yang sudah di tentukan dalam syariat beribadah. Penyebutan buka puasa sudah bukan lagi hal yang asing bagi orang yang sedang melaksanakan puasa terlebih lagi pada puasa yang di kerjakan setahun sekali yaitu selama bulan ramadhan, sehingga dengan begitu datangnya waktu buka pun menjadi kegembiraan yang sangat di tunggu-tunggu.

Kegembiraan saat datangnya buka puasa di gambarkan oleh banyak orang dengan menyajikan beraneka ragam menu buka puasa baik itu berupa makanan dan minuman, serta rata-rata jenis makanan tersebut selalu di sajikan dengan sangat spesial yang mana jarang di temukan pada hari-hari lainnya. Namun perlu di ingat dalam kegembiraan tersebut jangan sampai lupa akan lebaikan yang harus di amalkan yaitu membaca doa buka puasa, karena peran dari doa sangat penting dalam mendapatkan keberkahan seperti halnya juga peran doa pada umumnya misal salah satunya dari doa qunut dan sejenisnya.

Memang tidak dapat di pungkiri, bahwa saat buka puasa menjadi waktu yang sangat gembira, sebab sehari lamanya menehan lapar dan haus akhirnya tiba pada waktu untuk berbuka. Akan tetapi kebahagiaan tersebut hanya sebatas bisa di rasakan oleh jasad saja tanpa di dapat secara ruhaniah. Agar keduanya bisa mendapatkan kegembiraan maka salah satu yang penting ketika berpuasa yaitu harus di tanggapi dengan sederhana dan di sertai hal-hal sunnah misal membaca doa buka puasa baik itu ketika puasa ramadhan atau puasa syawal dan puasa sunnah lainnya.

Gambar Doa Buka Puasa

Selayaknya saat buka puasa tidak hanya sebatas di jadikan waktu bergembira dengan adanya makanan-makanan enak yang di siang harinya di larang untuk di makan namun saat ini sudah sah untuk di santap. Akan tetapi waktu buka puasa juga harus senantiasa di jadikan momen baik untuk bersukur kepada dzat yang maha pemberi rezeki dan kesehatan yaitu allah swt. Dengan cara salah satunya berdoa atau membacakan doa terlebih dahulu sebelum berbuka puasa, tujuannya agar selain bisa mengenyakan perut saja apa yang di makan tetapi bisa menjadi nilai ibadah sunnah.

Sementara mengenai bacaan doa berbuka puasa sebenarnya sangat mudah sekali bahkan kami yakin anak-anak pun sudah pada memahaminya, karena umumnya doa ini sudah di ajarkan sejak dini ketika masih berinjak di sekolah taman kanak-kanak atau paud, bahkan di majlis-majlis ta’lim pun doa berbuka puasa biasanya di ajarkan terlebih dahulu. Tetapi mungkin di karenakan jarangnya pangamalan dari doa ini sehingga tidak sedikit dari saudara di luar sana ada yang lupa lagi dengan bacaan lengkapnya, maka kami di sini mencoba untuk menulisnya kembali, seperti berikut bacaannya.

Doa Buka Puasa 1

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya : Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Doa Buka Puasa 2

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya-allah ta‘ala

Artinya, “Duhai Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.”

Kedua dari bacaan doa buka puasa di atas boleh di amalkan salah satunya mana yang lebih mudah untuk di pahami, sementara apabila apabila harus memilih mana yang paling baik, maka keduanya sama-sama sangat baik, yang tidak baik itu adalah yang tidak membaca doa ketika akan bukan puasa dan orang yang menganggap jelek salah satu dari doanya. Maka dari itu silahkan hafalkan hingga paham agar bisa lebih mudah mengamalkannya dengan cara membaca berulang kali hingga benar-benar paham.

Waktu Buka Puasa Dan Sahur

Untuk waktu awal boleh berbuka puasa yaitu setelah terbenamnya matahari awal masuknya waktu maghrib yang di tandai oleh suara adzan, serta buka puasa di sunnahkan untuk di segerakan baik itu di mulai dengan makanan kecil atau minuman. Sedangkan untuk akhir waktu sahur yaitu ketika awal masuk terbitnya fajar atau di tandai dengan waktu subuh, tetapi para ulama sangat menganjurkan makan sahur di akhiri pada waktu imsyak sekitar 10 menit sebelum subuh tujuannya agar lebih berhati-hati dan ini sangat di anjurkan jika sudah imsak stop untuk makan dan minum,, tetapi untuk doa sahur mohon maaf sampai saat ini kami belum mengetahui bagaimana bacaannya yang benar dan shahih.

Selain memperhatikan awal dan akhir waktu berpuasa serta bacaan doanya, dalam ibadah puasa ini hal yang paling penting untuk benar-benar di perhatikan adalah niat, biasanya orang banyak yang lupa membaca niat ketika melaksanakan puasa sunnah sebab apabila pada ramadhan niat di bacakan saat shalat tarawih akan tetapi dalam puasa sunnah ini tidak terdapat tarawih sehingga orang-orang yang berencana melakukan puasa sunnah atau qadha lupa akan niatnya di bacakan di malam hari seperti beberapa contoh untuk niat puasa sunnah sebagai berikut.

Niat Puasa Sunah Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Niat Puasa Sunah Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

niat puasa Sunnah syawal 6 hari

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ ِستَةٍ ِمنْ شَوَالٍ سُنَةً ِللَه تَعَالَي

Niat Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha Tanggal 1 – 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Niat Puasa Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Niat Puasa Ganti Qadha

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

Niat Puasa Bulan Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Niat Puasa Daud

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Niat Puasa Nazar

نَوَيْتُ صَوْمَ النَّذَرِ لِلَّهِ تَعَالىَ

Niat Puasa 3 Hari Ayyamul Bidh

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Membaca doa buka puasa tidak termasuk pada kewajiban dan tidak ada hubungannya dengan sah atau tidaknya berpuasa yang di kerjakan, akan tetapi menjadi kesunnahan yang apabila di bacakan ketika buka maka akan mendapatkan pahala serta keberkahan terhadap apa yang di makan. Maka dari itu agar mendapat kebeikan berbuka silahkan pelajari semua yang ada pada gambar cara bacaan doa niat setelah sesudah untuk buka Puasa dan sebelum ketika Makan Sahur hari ini kapan waktu sesuai sunnah senin kamis qadha rajab rosul sunnah yang benar syawal ramadhan artinya ganti bersama dan lain sebagainya.