Bacaan Teks Lafadz Doa Setelah Adzan Dan Iqomah Dan Artinya

Kumandangnya adzan dalam sehari semalam setidaknya akan terdengar sebanyak 5 kali sesuai dengan waktu sholat 5 waktu. Seruan dari suara adzan tersebut bukanlah semata hanya sebagai tanda dari masuknya untuk melaksanakan sholat akan tetapi memiliki hakikat yang cukup mendalam di antaranya adalah panggilan dari Allah yang bukan hanya difungsikan untuk mengingat-Nya namun untuk bertemu dengan Nya. Sehingga suara adzan tersebut memiliki makna mendalam, tidak hanya berfunsi sebagai alarm pengingat saja.

Maka dari itu harus bisa di pahami bahwa adzan bukan lah suara yang hanya sekedar sebagai pengingat waktu saja seperti ketika mambaca doa sholat dhuha, tetapi juga merupakan seruan kepada seluruh umat islam yang mendengarnya untuk segera menghadap allah dengan melaksanakan sholat wajib 5 waktu tepat pada waktunya secara berjamaah, jangan sampai begitu adzan selesai namun kewajiban sholat fardhu mesih belum di laksanakan juga. Mungkin hal ini sering tidak di sadari oleh kebanyakan umat muslim entah karena mereka tidak tahu fungsi adzan atau mungkin karena terlalu sibuk dengan pekerjaan.

Memang di sisi lain, mengumandangkan adzan tidak hanya di lakukan pada saat memasuki waktu jadwal sholat saja tetapi juga ada di antaranya untuk kebutuhan lain misalnya di kumandangkan pada telinga bayi yang baru lahir atau yang lainnya. Namun perlu di pahami antara adzan untuk bayi dan adzan ketika masuk waktu sholat perannya berbeda apabila ketika akan sholat di serukan lewat pengeras suara sehingga terdengar oleh semua orang yang ada di satu kampung tersebut, dan haruslah orang yang mendengarnya untuk segera mengerjakan sholat.

Gambar Doa Setelah Adzan

Setelah sedikit di pahami bagai mana hakikat kedudukan dari adzan, sekarang kita menginjak pada pembahasan pokok seperti yang ada pada judul di atas yaitu mengenai doa adzan dan iqamah. Sama halnya ketika melakukan ibadah pada umumnya, maka sesudah atau setelah adzan dan iqamah juga di anjurkan untuk membaca doa, baik itu untuk orang yang beradzan (muadzin) atau orang yang mendengar adzan tersebut dan begitu juga ketika selesai mengumandangkan iqamat, dan doanya seperti bacaan di bawah ini.

Doa Sesudah Setelah Adzan

اَللهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLOOHUMMA ROBBA HAADZIHID DA’WATIT TAAMMATI WASHSHOLAATIL QOO-IMATI AATI MUHAMMADANIL WASHIILATA WAL FADHIILATA WASY SYAROFA WAD DARAJATAL ‘AALIYATAR ROFII’ATA WAB’ATSHU MAQOOMAM MAHMUUDAL LADZII WA’ADTAH INNAKA LAA TUKHLIFUL MII’AADA YA ARHAMAR ROOHIMIINA

Artinya : Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkaujanjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang.

Doa Sesudah Setelah Iqomah

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

AQOOMAHALLOOHU WA-ADAAMAHAA MAADAAMATIS SAMAAWAATU WAL-ARDLU

Artinya : Semoga Allah menegakkan dan mengekalkan shalat selama masih ada langit dan bumi.

Ketika sudah mendengan kumandang adzan selain di haruskan untuk segera mengerjakan sholat wajib juga di sambung membaca doa setelah adzan untuk bacaannya bisa di hafal doa yang ada di atas. Mudahan-mudahan meskipun hanya sekilas pembahasannya, namun bisa sedikit menambah pengetahuan, silahkan cari lagi lebih dalam tentang semua hal yang berhungan dengan bacaan teks lafadz doa Setelah kumandang adzan dan cara menjawab iqomah dan tulisan arab artinya tata cara hadits tentang sesuai sunnah yang benar dan lain sebagainya.