Kumpulan Tulisan Lirik Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW Lengkap

Shalawat adalah doa jika melihat dari definisi bahasa, sedangkan apabila menurut istilah shalawat ini mempunyai arti yaitu sebuah bentuk pujian kepada baginda nabi muhammad saw. Kita sebagai umat dari baginda nabi di anjurkan untuk selalu membacakan shalawat setiap hari bahkan setiap waktu, serta banyak keterangan yang menyebutkan tentang perintah ini, tujuannya selain untuk memujinya karena memang di perintah tetapi juga untuk mendapatkan keutamaan dan keberkahan.

Dengan selalu membacakan shalawat kepada nabui saw minimal setelah shalat 5 waktu, mudah-mudahan kita semua di jadikan dan di akui sebagai umat beliau yang nanti bisa dan akan mendapatkan syafaatnya. Dan apalagi jika tidak hanya bershalawat saja tetapi juga mengamalkan amalan lain misalnya shalawat tersebut di barengi dengan sayyidul istighfar atau mungkin amalan yang telah di anjurkan lainnya, sehingga nanti selain bisa mendapatkan kecintaan dari allah swt juga syafaat baginda nabi.

Perintah dari bershalawat kepada nabi ini, bukanlah berasal dari keterangan yang tidak ada sumbernya tetapi langsung bersumber dari salah satu ayat al-qur’an surat Al-Ahzab 33: 56 yang mana artinya sebagai berikut “Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bershalawat salamlah kepadanya. Silahkan buka al-qur’an surat tersebut untuk melihat bahasa arab lengkapnya.

Kumpulan Tulisan Lirik Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW Lengkap

Bahkan perintah untuk selalu mengumandangkan atau membacakan shalawat kepada nabi ini tidak hanya dari al-qur’an saja, tetapi juga di perkuat oleh beberapa hadits seperti yang berbunyi ” Barangsiapa berdoa (menulis) shalawat kepadaku dalam sebuah buku maka para malaikat selalu memohonkan ampun kepada Allah pada orang itu selama namaku masih tertulis dalam buku itu. Serta dalam hadits lain juga di katakan yang bunyinya yaitu.

مَنْ سَرَّهُ أنْ يُلْقِى اللهَ وَهُوَ عَلَيْهِ رَاضٍ فَلْيُكْثِرْ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ

Barangsiapa yang ingin merasa bahagia ketika berjumpa dengan Allah dan Allah ridlo kepadanya, maka hendaknya ia banyak membaca shalawat kepadaku (Nabi).

مَا أكْثَرَ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ فِيْ حَيَاتِهِ أَمَرَ اللهُ جَمِيْعَ مَخْلُوْقَاتِهِ أنْ يَسْتَغْقِرُوا لَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ

Barangsipa membaca shalawat kepadaku di waktu hidupnya maka Allah memerintahkan semua makhluk-Nya memohonkan maaf kepadanya setelah wafatnya.

مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ ثُمَّ تَقًرَّقُوْا مِنْ غَيْرِ ذِكْرِ اللهِ وَصَلَاةٍ عَلَى النَّبِيِّ إلَّا قَامُوْا عَنْ أنْتَنَ مِنْ حِيْفَةٍ

Mereka yang berkumpul (di suatu majlis) lalu berpisah dengan tanpa dzikir kepada Allah dan membaca shalawat kepada nabi, maka mereka seperti membawa sesuatu yang lebih buruk dari bangkai.

Lalu bagaimana teks dari bacaan shalawat yang lebih utama, dari beberapa nama shalawat yang ada salah satu yang menurut para ulama paling bagus adalah shalawat ibrohimiyah yang mana bentuknya sebenarnya sering kita bacakan di dalam sholat wsjib 5 wsktu dan pasti semua umat islam mengetauinya karena setiap hari bacaan ini selalu di bacakan minimal lima kali sehari, dan berikut adalah bacaannya.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ
وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ
فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.

Allahuma shalli ‘alaa Muhammadin wa a’laa aali Muhammadin. Kamaa shallaaita a’alaa Ibraahiima wa’alaa aali Ibraahiim. Wa bariik ‘alaa Muhammadin wa a’laa aali Muhammadin. Kamaa baraakta ‘alaa Ibraahiima wa’alaa aali Ibraahiim. Fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiid.

Artinya : Ya Allah , berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.

Itulah sedikit dari ulasan tentang bacaan shalawat yang bisa anda amalkan sehari-hari, dan semoga dengan selalu membacanya kita bisa mendapatkan keberkahan serta keutamaan sebagaimana yang tercantum dalam shalawat tersebut. Silahkan pelajari lebih lanjut semua persoalan yang berhubungan dengan kumpulan tulisan lirik bacaan shalawat nabi muhammad saw lengkap latin nariyah mp3 macam-macam ibrahimiyah badar dan lain sebagainya.