Manfaat Hikmah Keutamaan Puasa Sunah Senin Kamis Menurut Islam

Selain memiliki hukum sunnah yang lebih di anjurkan, puasa senin dan kamis juga memiliki manfaat dan keutamaan yang cukup luar biasa, bahkan keutamaan puasa ini lebih di unggulkan di banding dengan jenis puasa sunnah lainnya. keunggulan dari puasa senin kamis ini tidak hanya sebatas dari sisi pahala ibadah saja tetapi juga mencakup kehidupan duniawi meliputi masalah menjaga kesehatan badan, sehingga kjepopuleran dari puasa ini sebenarnya tidak hanya sebatas sering di lakukan tetapi juga karena adanya manfaat yang luar biasa.

Terdapat beberapa keterangan yang menjelaskan di sunnahkannya puasa senin kamis salah satunya karena senin menjadi hari kelahiran baginda nabi sehingga beliau selalu berpuasa pada hari tersebut tidak pernah meninggalkannya. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam pernah ditanya tentang puasa hari Senin, beliau Shalallahu ‘alaihi wassalam menjawab : “Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya Al-Qur’an kepadaku pada hari tersebut.” (HR.Muslim).

Sementara bagai mana dengan puasa hari kamis, di jelaskan dalam salah satu hadits yang artinya Rasulullah SAW bersabda, “Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa.” HR Turmudzi dan yang lainnya. Maka dari itu kita sebagai umat kanjeng nabi muhammad saw, sudah sepantasnya jika kesunnahan-kesunnahannya di laksanakan sebagai mana beliau juga mengerjakannya, bahkan tidak hanya senin kamis tetapi juga yang lainnya misal untuk puasa asyura dan lain sebagainya.

Gambar Manfaat Puasa Senin Kamis

Hikmah Keutamaan Puasa Senin Kamis

Selain senin dan kamis menjadi salah satu saat di periksanya amal umat manusia, juga pada kedua hari tersebut menjadi waktu di bukanyanya pintu-pintu surga serta bagi hamba allah swt yang tidak menyekutukannya dengan suatu apapun maka semuanya akan di hapuskan dosa terkecuali mereka-mereka yang dengan saudaranya memiliki permusuhan. Pernyataan ini sangat senada dengan salah satu hadists nabi yang di riwayatkan oleh imam muslin sebagaimana dalam terjemahan hadtsnya yaitu sebagai berikut.

“Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda : “Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim).

وقال تعرض الأعمال يوم الاثنين والخميس فأحب أن يعرض عملي وأنا صائم رواهما الترمذي وغيره

Rasulullah SAW bersabda, “Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa.” HR Turmudzi dan selainnya.

Mengenai jam berapa amal itu diperlihatkan, kita tidak menemukan keterangan waktu pada hadits di atas. Apakah jam 8 pagi, jam 10, atau waktu Zhuhur? Syekh Bujairimi dalam karyanya Attajrid Linaf‘il Abid, Hasyiyah ala Fathil Wahhab mengatakan.

قوله (وأنا صائم) أي قريب من زمن الصوم لأن العرض بعد الغروب كما تقدم

Ungkapan “Di saat aku sedang berpuasa” maksudnya, berdekatan dengan aktivitas puasa. Karena, amal perbuatan diperlihatkan selepas matahari terbenam saat orang sudah membatalkan puasanya.

Syekh Bujairimi masih dalam kitabnya memberi keterangan tambahan,

فائدة: تعرض الأعمال على الله تعالى يوم الاثنين والخميس، وعلى الأنبياء والآباء والأمهات يوم الجمعة، وعلى النبي صلى الله عليه وسلم سائر الأيام اهـ ثعالبي

Manfaat Puasa Senin Kamis

Selain dengan mendapatkan hikmah dan keutamaan dari pelaksanaan puasa senin dan kamis seperti yang terdapat dalam beberapa keterangan hadits di atas, dengan berpuasa senin kamis juga memberikan manfaat yang sangat besar untuk keberlanjutan hidup agar senantiasa berada dalam keberkahan baik itu dari sisi nilai ibadah hingga kesehatan dan kesuksesan dalam karir, apa hubungannya antara puasa dan karir, tentunya sangat besar sebab secara logika orang yang suka berpuasa berarti dia orang taat akan aturan sehingga hidupnya senantiasa di siplin, dengan begitu sudah pasti dalam bekerja pun akan sangat di siplin sehingga kesuksesan segera menyambutnya. berikut kami rangkum beberapa manfaat dari puasa sunnah senin kamis.

1. Dapat menjadi perisai bagi kejiwaan seseorang
2. Melatih diri untuk berdisiplin
4. Dapat meningkatkan amalan
5. Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur
6. Berpengaruh besar pada kesehatan tubuh
7. Kunci Sukses mencapai cita-cita yang diinginkan
8. Sebagai Cara Mendapatkan Jodoh
9. Sebagai Cara Menahan Hafsu
10. Mengencangkan kulit
11. Menurunkan tekanan darah tinggi
12. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
13. Dapat meremajakan sel kulit

Apabila bagi para pekerja dan pelajar datangnya hari senin menjadi waktu yang sangat memalaskan karena di mulai lagi masuknya sekolah dan kerja, namun bagi kita sebagai umat islam isilah kedua hari tersebut untuk semangat ibadah sunnah karena manfaat puasa senin kamis sangat besar. Maka dari itu silahkan fahami dengan baik semua yang tercantum dalam pembahasan manfaat keajaiban hikmah keutamaan puasa sunah senin kamis menurut islam larangan tirakat pahala bagi wanita untuk hajat faedah diet hukum keistimewaan jodoh secara spiritual dan lain sebagainya