Bacaan Niat Doa Mandi Hari Raya Idul Fitri Dan Idul Adha

Hari raya idul firi dan idul adha adalah momen spesial bagi umat islam yang hanya datang satu kali dalam setahun, di mana idul fitri sendiri berada pada tanggal 1 syawal setelah umat islam melakukan puasa ramadhan sebulan penuh, sedangkan idul adha berada pada tanggal 10 bulan dzulhijjah yang bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji serta penyembelihan hewan qurban. Kedua hari besar tersebut menjadi momen istimewa yang selalu di sambut dengan penuh kegembiraan dan kebahagiaan

Kegembiraan dan kebahagiaan dalam menyambut datangnya hari raya tidak hanya di buktiktikan dengan berbagai aktivitas nyata, selain beribadah juga tidak sedikit dari masyarakat yang memberi ucapan idul fitri dan juga idul adha sebagai tanda mereka benar-benar mengagungkan kedua hari tersebut. Menyemarakkan hari raya Idul Fitri merupakan bagian dari sunah, setiap orang dianjurkan untuk menyambut kedatangannya dengan penuh kebahagiaan dan kesenangan, salah satu bukti adanya kewajiban membeyar zakat agar orang miskin bisa merasakan kebahagiaan pada hari mulia tersebut.

Pada kedua hari raya baik idul adha atau idul fitri, terdapat kesunnahan yang lebih di anjurkan untuk di lakukan oleh setiap umat muslim baik laki-laki atau perempuan yaitu sholat ied secara berjamaah. Dalam pelaksanaan sholat hari raya leberan ini tidak jauh berbeda dengan sholat pada umumnya, namun layaknya sholat jum’at sebelum pergi untuk melaksanakan atau sebelum pergi kemesjid di anjurkan melakukan 3 hal, sebagaimana di sebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam Al-Majemu‘ Syarhul Muhadzdzab. Pertama makan dulu, ke dua mandi, ketiga memotong kuku.

Gambar niat mandi idul fitri

Ketiga kesunahan yang di sebutkan di atas memiliki hikmah dan tujuannya masing-masing, salah satunya agar memberi kenyaman dan ketenteraman dalam ibadah. Apalagi pada hari ied, mayoritas umat Islam berbondong-bondang ke masjid untuk beribadah, sehingga ketenangan dan kenyamanan harus benar-benar di ciptakan termasuk tubuh harus segar. Di antara salah satu yang akan di bahas pada halaman ini yaitu mengenai mandi hari raya sebelum sholat ied bagai mana tata cara dan juga niatnya.

Tata Cara Bacaan Doa Niat Mandi Sunnah Keramas Hari Raya Idul Fitri Dan Idul Adha

سَأَلَ رَجُلٌ عَلِيًّا رَضِيَ اللهُ عَنْهَ عَنِ الغُسْلِ قَالَ اِغْتَسِلْ كُلًّ يَوْمٍ إِنْ شِئْتَ فَقَالَ لاَ الغُسْل الَّذِي هُوَ الغُسْلُ قَالَ يَوْمَ الجُمُعَةِ وَيَوْمَ عَرَفَةَ وَيَوْمَ النَّحْرِ وَيَوْمَ الفِطْرِ

Seseorang pernah bertanya pada ‘Ali radhiyallahu ‘anhu mengenai mandi. ‘Ali menjawab, “Mandilah setiap hari jika kamu mau.” Orang tadi berkata, “Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?” ‘Ali menjawab, “Mandi pada hari Jum’at, hari ‘Arofah, hari Idul Adha dan Idul Fitri.”

Sementara mengenai tata cara panduan dari mandi sunnah hari raya lebaran ini di lakukan sebelum pergi sholat ied, sementara cara pelaksanaannya sama dengan mandi pada umumnya yaitu seluruh badan dari atas hingga bawah, kanan hingga kiri di guyur dengan air sampai bersih sebagai mana melakukan mandi biasa. Akan tetapi dalam mandi sunnah ini di anjurkan membacakan niat, yang mana untuk bacaan niatnya yaitu.

Niat Mandi Sunnah Untuk Hari Raya Idul Fitri

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul Ghusla Liyaumi ‘iiedil Fithri Sunnatan Lillaahi Ta’alaa.

Artinya : Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri Sunnah karena Allah Ta’ala

Niat Mandi Sunnah Untuk Hari Raya Idul Adha

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ اْلاَضْحَى سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul Ghusla Liyaumi ‘iiedil Adhaa Sunnatan Lillaahi Ta’alaa

Artinya : Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Adha Sunnah karena Allah Ta’ala

Untuk pembahasan mengenai niat mandi idul fitri yang meliputi tata caranya, di rasa sudah lebih dari cukup sampai di sini. Tetapi apabila memang para pembaca masih merasa belum puas, maka bisa mencari lagi pembahasan sama yang masih ada kaitannya dengan bacaan niat doa mandi hari raya idul fitri dan idul adha untuk anak arab latin dan artinya. Semoga apa yang tersaji pada halaman ini bisa menjadi pengetahuan yang bermanfaat untuk nanti bisa di amalkan pada waktunya.