Niat Puasa Sunnah Di Bulan Rajab Kapan Berapa Hari Dan Keistimewaannya

Rajab jika melihat pada penanggalan kalender hijriyah yang digunakan penentuan tanggal oleh umat islam terdapat pada urutan bulan ketujuh yang berada di antar sesudah Jumadil-Akhirah dan sebelum Sya’ban. Bulan rajab juga termasuk pada bulan harram atau yang di muliakan beserta tiga bulan lainnya yang berturut-turut yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Di sisi lain bulan rajab juga telah di yakini sebagai bulan yang menyimpan sejarah besar tentang isra mi’raj baginda nabi saw yang kemudian mendapatkan wahyu berupa perintah shalae wajib lima waktu.

Kemuliaan empat bulan yang salah satunya adalah bulan rajab, tidaklah serta merta di karenakan pada rajab ini telah terjadi isra dan mi’rajnya nabi tetapi pernyataan bahwa rajab termasuk pada bulan mulia dan di muliakan, langsung di jelaskan dalam salah satu ayat al-qur’an Surat At-Taubah Ayat 36 yang di dalamnya terdapat kalimat empat bulan haram dan yang di maksud empat bulan haram tersebut yaitu Zulkaidah, dzulhijah, Muharam dan Rajab, bahkan pernyataan ini juga banyak di perkuat oleh hadits-hadits nabi saw.

Maka dari tidak heran heran jika semua umat islam di sunnahkan atau di perintahkan untuk mengisi ke empat bulan tersebut dengan berbagai amal kebaikan seperti yang sudah biasa banyak di lakukan adalah puasa sunnah. Jika pada bulan rajab di sebut dengan puasa rajab, apabila pada bulan dzulhijjah di sebut puasa idul adha atau arafah dan tarwiyah, jika pada bulan muharram di sebut dengan puasa asyura dan tasua atau puasa muharram. Sedangkan untuk puasa rajab berapa hari di laksanakannya, berikut kami jelaskan secara sekilas.

Mengenai kapan atau berapa hari puasa rajab di laksanakan, para ulama dalam hal ini berbeda pendapat yaitu Pertama, untuk mayoritas ulama dari kalangan Madzhab Hanafi, Maliki dan Syafi’i berpendapat bahwa puasa Rajab hukumnya Sunnah selama 30 hari serta pendapat ini juga menjadi qaul dalam madzhab Hanbali dan kedua madzhab Hanbali berpendapat bahwa berpuasa Rajab secara penuh (30 hari) hukumnya makruh apabila tidak disertai dengan puasa pada bulan-bulan yang lainnya, tetapi Kemakruhan ini akan menjadi hilang apabila tidak berpuasa dalam satu atau dua hari dalam bulan Rajab tersebut, atau dengan berpuasa pada bulan yang lain.

Jadi jika melihat dari empat madzhab yang berpendapat membolehkan puasa di bulan rajab tidak ada alasan lagi bagi kita semua untuk tidak menyambut bulan rajab dengan di sisi puasa. Adapu untuk jumlah harinya kapan dan berapa hari bisa berpendoman pada empat madzhab di atas. Namun perlu sedikit di ketahui juga, jika pun memang tidak melaksanakan tidak termasuk dosa karena puasa rajab tidak di hukumi wajib namun lebih mengarahj pada puasa sunnah, tetapi apabila tidak mengerjakan hanya sebatas tidak akan mendapat keutamaan dan pahala puasa saja, dan untuk niatnya bisa langsung simak di bawah ini.

Niat Puasa Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALAA

Artinya : Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta’ala

Di karenakan bulan rajab termasuk pada bulan harram atau mulia, maka untuk keutamaan puasa di bulan haram juga teradapt dalam salah satu hadits sahih imam Muslim bahkan berpuasa di dalam bulan-bulan mulia ini disebut Rasulullah sebagai puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan, Nabi bersabda : “Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan al- muharram yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Maka dari itu mari kita isi bulan rajab ini dengan memperbanyak amalan puasa.

Itulah sedikit dari pembehasan mengenai puasa rajab termasuk juga hukum berapa hari pelaksanaannya, dan mudah-mudahan tulisan ini menjadi suatu motivasi segaligus pegangan yang kuat bagi orang yang mau ikhlas mengerjakan puasa sunnah di bulan rajab. Untuk lebih jauh mengulas atau mengetahui seputar bulan rajab dan amalannya silahkan anda pelajari semua yang berkaitan dengan niat puasa sunnah di bulan rajab kapan berapa hari dan keistimewaannya keistimewaan hadits shahih tentang tahun manfaat jatuh pada tanggal dan yang lainnya.