Pengertian Keutamaan Tata Cara Niat Puasa Nisfu Sya ban

Pada dasarnya sebagai mana yang telah di ketahui bersama, bahwasanya puasa terbagi menjadi dua jenis yang pertama puasa wajib yang tidak boleh tidak harus di kerjakan seperti ramadhan dan apabila di tinggalkan hukumnya bedosa. Dan yang kedua adalah puasa sunnah yang apabila di tinggal tidak menjadi dosa tetapi hanya tidak akan mendapatkan keutamaan dan puasa sunnah juga terbagi menjadi beberapa bagian yaitu mingguan seperti senin kamis bulanan dan tahunan seperti salah satunya puasa di bulan sya’ban.

Puasa bulan sya’ban merupakan kesunnahan yang memiliki keutamaan sangat besar di mana baginda nabi saw sangat menyukai kedatangan bulan ini dan selalu mengisinya dengan ibadah puasa. Bahkan salah satu ulama pengarang kitab Nihayatul Zein yaitu Syeikh Nawawi al-Bantani menjelaskan bahwa “Puasa Sya’ban disunnahkan karena Rasulullah SAW menyukai puasa pada bulan tersebut. Siapa yang puasa Sya’ban, dia akan memperoleh syafaat Rasulullah SAW di hari akhirat kelak”.

Memang bukan lagi suatu hal yang asing dan pasti sudah banyak di ketahui oleh semua kalangan umat islam bahwa sesungguhnya bulan sya’ban ini termasuk bulan yang di unggulkan di banding yang lainnya selain ramadhan. bahkan berbagai amalan akan di berikan pahala lebih serta banyak pula jenis ibadah sunnah yang di perintah untuk di kerjakan pada bulan ini terutama di malam nisfu sya’ban harus di isi atau di hidupkan dengan cara berdoa, membaca surat yasin sholat sunnah dan yang lainnya.

Pengertian Keutamaan Tata Cara Niat Puasa Nisfu Sya ban

Sedangkan untuk mengenai tata cara dari puasa sunnah nisfu sya’ban atau sepertengah pertama bulan sya’ban sebenarnya sama dengan puasa yang lainnya, namun ada hal yang perlu di ketahui yaitu batasan waktu tanggal pelaksanaannya. Para ulama sepakat bahwa puasa dari mulai tanggal 16 sampai 30 sya’ban hukumnya adalah haram terkecuali puasa nadzar dan qadha, serta apabila puasa tanggal 15 maka boleh puasa tanggal 16, dan boleh juga di lanjut tanggal 17 nya namun apabila tanggal 18 tidak berpuasa maka tanggal 19 nya haram berpuasa.

Keterangan di atas senada dengan salah satu keterangan dalam kitab I’aanah at-Thoolibiin II/273 :

قوله وكذا بعد نصف شعبان ) أي وكذلك يحرم الصوم بعد نصف شعبان لما صح من قوله صلى الله عليه وسلم إذا انتصف شعبان فلا تصوموا( قوله ما لم يصله بما قبله ) أي محل الحرمة ما لم يصل صوم ما بعد النصف بما قبله فإن وصله به ولو بيوم النصف بأن صام خامس عشره وتالييه واستمر إلى آخر الشهر فلا حرمة

(Keterangan ‘begitu juga haram puasa setelah nisyfu sya’ban) berdasarkan hadits “Bila bulan sya’ban telah menjadi separuh, janganlah kalian berpuasa”. Keharaman ini dengan catatan bila puasa setelah hari nisyfu sya’ban (tanggal 16-pen) tersebut tidak disambungkan dengan puasa sebelumnya, bila disambungkan meskipun dengan berpuasa ditanggal separuh bulan sya’ban (meskipun hanya disambungkan dengan puasa pada tanggal 15) dan kemudian disambung dengan hari setelahnya hingga tanggal 30 (syaum assyak) maka tidak lagi dihukumi haram.

Keharam puasa sunnah setelah tanggal 15 mengacu kepada salah satu hadits yang di riwayatkan oleh al’Allaa’ Bin Abdur Rohman dari ayahnya dari Abu hurairah ra “Bila bulan sya’ban telah menjadi separuh, janganlah kalian berpuasa” (HR . Ashaab assunan disahihkan oleh Ibnu Hibbaan dan lainnya. Maka dari itu setelah kita mengetahui bagai mana keadaan atau kedudukan dari puasa sunnah di bulan sya’ban, sekarang jangan biarkan bulan tersebut berlalu begitu saja tanpa di isi dengan suatu hal yang sunnah seperti puasa, dan untuk niatnya mari simak di bawah ini.

Niat Puasa Sya’ban

نويت صوم شهر شعبان سنة لله تعالى

Nawaitu Shauma Syahri Sya’bana Sunnatan Lillahi Ta’aala

Artinya : Saya niat puasa bulan sya’ban sunnah karena Allah ta’ala

Tersimpan manfaat tersendiri ketika kita mengerjakan puasa di bulan sya’ban, yaitu di karenakan sebentar lagi akan menjalankan puasa wajib sebulan penuh maka puasa sya’ban selain kesunnahan jika di jadikan sebagai pelatihan diri dan pembelajaran untuk menghadapi puasa yang di wajibkan nanti. Maka dari itu silahkan sekarang cermati semua yang ada pada pengertian keutamaan tata cara niat puasa nisfu Sya ban berapa hari ganti buka 2017 rumi dan lain sebagainya.