Kumpulan Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW Teks Latin Lengkap

Membacakan sholawat hendaklah dijadikan sebagai amalan harian yang di ucapakan sesering mungkin baik itu ketika santai atau saat sedang melakukan sesuatu hal. Dengan rutin mengamalkan sholawat kepada nabi maka pasti sesuai dengan keagungan dari makna yang ada di dalam bacaan tersebut, akan mampu memberikan pada seseorang yang mengamalkannya berbagai kebaikan dan manfaat serta kautamaan yang luar biasa, baik itu berhubungan dengan kehidupan dunia berupa kebahagiaan dan ketenangan jiwa juga yang berkaitan dengan syafaat nabi saw di hari kemudian.

Untuk bisa mengamalkan sholawat nabi dengan mudah maka tidak perlu membacakanya yang panjang jika memang tidak menguasainya tetapi cukup yang ringan da pendek saja kalimatnya, asal bisa di bacakan dengan istiqomah misalnya “allahumma sholli wa sallim ‘ala sayyidina muhammad”. Namun apabila memang mampu dan hafal bermacam-macam bacaan sholawat versi panjang misalnya sholawat badar atau sejenisnya maka itu lebih baik, dengan catatan bisa menjadi kebaikan yang lebih apabila secara rutin di amalaknnya.

Jika melihat dari pengertian secara bahasa bahwa sholawat memiliki arti sebagai doa bentuk jamak dari kata salla, maka sudah pasti sholwat ini juga memiliki makna dan keutamaan yang cukup luar biasa yang terkandungh di dalamnya yang mana tidak hanya bisa menjamin kehidupan dunia tetapi juga meliputi kebahagiaan akhirat. Apalagi apabila melirik pada salah satu pribahasa atau kata mutiara yang berbunyi bahwa “dekatkanlah dirimu dengan selalu berdzikir dan bersholawat sebab dengan bersholwat akan mampu membuat dirimu tentran tenang dan bahagia.

Gambar Sholawat Nabi

Dalil Tentang Sholawat

Dalam beberapa hadits dan firman allah jelas di perintahkan bahwa bersholawat kepada nabi muhammad saw di anjurkan, dan dengan adanya hal ini tentunya tidak ada keraguan, karena shalawat dan salam adalah bagian dari pernghormatan (tahiyyah), maka ketika kita diperintah oleh Allah untuk membaca shalawat yang artinya mendoakan Nabi Muhammad- maka wajib atas Nabi Muhammad melakukan hal yang sama yaitu mendoakan kepada orang yang membaca shalawat kepadanya. Karena hal ini merupakan ketetapan dari ayat:

فَحَيُّواْ بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا

Maka lakukanlah penghormatan dengan penghormatan yang lebih baik atau kembalikanlah penghormatan itu. (QS. An Nisa’: 86)

Dan doa dari Nabi inilah yang dinamakan dengan syafaat. Semua ulama telah sepakat bahwa doa nabi itu tidak akan ditolak oleh Allah. Maka tentunya Allah akan menerima Syafaat beliau kepada setiap orang yang membaca shalawat kepadanya. Adapun untuk beberapa dalil yang berhubungan dengan sholawat yaitu.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيما

Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bershalawat salamlah kepadanya. (QS Al-Ahzab 33: 56)

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِي كِتَابٍ لَمْ تَزَلِ الْمَلَائِكَةُ تَسْنَغْفِرُ لَهُ مَا دَامَ اسْمِي فِي ذَلِكَ الْكِتَابِ

Barangsiapa berdoa (menulis) shalawat kepadaku dalam sebuah buku maka para malaikat selalu memohonkan ampun kepada Allah pada orang itu selama namaku masih tertulis dalam buku itu.

مَنْ سَرَّهُ أنْ يُلْقِى اللهَ وَهُوَ عَلَيْهِ رَاضٍ فَلْيُكْثِرْ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ

Barangsiapa yang ingin merasa bahagia ketika berjumpa dengan Allah dan Allah ridlo kepadanya, maka hendaknya ia banyak membaca shalawat kepadaku (Nabi).

مَا أكْثَرَ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ فِيْ حَيَاتِهِ أَمَرَ اللهُ جَمِيْعَ مَخْلُوْقَاتِهِ أنْ يَسْتَغْقِرُوا لَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ

Barangsipa membaca shalawat kepadaku di waktu hidupnya maka Allah memerintahkan semua makhluk-Nya memohonkan maaf kepadanya setelah wafatnya.

مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ ثُمَّ تَقًرَّقُوْا مِنْ غَيْرِ ذِكْرِ اللهِ وَصَلَاةٍ عَلَى النَّبِيِّ إلَّا قَامُوْا عَنْ أنْتَنَ مِنْ حِيْفَةٍ

Mereka yang berkumpul (di suatu majlis) lalu berpisah dengan tanpa dzikir kepada Allah dan membaca shalawat kepada nabi, maka mereka seperti membawa sesuatu yang lebih buruk dari bangkai.

Manfaat Dan Keutamaan memmbaca Sholawat Nabi

Keutamaan mengamalkan sholawat apabila di jadikan sebagai amalan harian maka sudah pasti dan yakin akan memberikan manfaat luar biasa, terutama berupa syafaat beliau nanti di akhirat dan hal ini tentunya tidak hanya sebatas argumen saja namun secara jelas tercantrum dalam beberapa hadits yang di antaranya berbunyi.

من صلي علي كنت شفيعه يوم القيامة

Barangsiapa yang bershalawat kepadaku, maka aku akan memberinya syafaat pada hari kiamat. (Hadits riwayat Ibnu Syahiin dalam at-Targhib dan Ibnu Basykawal).

من صلى عليك واحدة صلى الله عليه وسلم عشرا ورفع له عشر درجات

Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali shalawat, maka Allah akan membalas sepuluh kali shalawat dan mengangkatnya sepuluh derajat. (Dikeluarkan Imam Bukhari dalam Adabul Mufrad, Ibnu Abu Syaibah, al-Bazzar, Ibnu Syahiin dan al-Ismaili dengan sanad ma’lul).

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah bersholawat kepadaku pada setiap Jumat, karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada hari Jumat.Barang siapa yang banyak bersholawat kepadaku dialah yang paling dekat denganku besok dihari kiamat.”(HR. Baihaqi dalam sunan al kubro.)

Bacaan Sholawat nabi

Dikalangan masyarakat umum, bacaan sholawat terdapat bermacam-macam jenis yang sering di amalkan baik itu yang kalimatnya bacaan pendek atau panjang, seperti beberapa di antaranya ada yang di sebut dengan sholawat nariyah, sholawat Ma’tsurah, sholawat Fatih, sholawat Munjiyat, Ibrohimiyah, Tibbil Qulub (Syifa), Wabarik, Tarhim, sholawat badar dan masih banyak lagi jenis yang lainnya, Namun untuk lebih mudah dalam menghafal bacaan sholawat maka silahkan bisa di lihat sholawat nabi di bawah ini.

Contoh Bacaan Teks Sholawat Nabi

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad

Ya, Allah. Berilah (yakni, tambahkanlah) shalawat (sanjungan) kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad

Itulah sedikit dari pembahasan mengenai sholawast nabi beserta keutamaan dan dalilnya, memang sebenarnya pembasan yang berkaitan dengan sholawat ini cukup banyak sekali namun tidak mungkin untuk di bahas semuanya pada waktu ini, sehingga dengan begitu di sarankan kepada para pembaca untuk mempelajari lagi lebih jauh mengeai yang berkaitan dengan kumpulan contoh kata bacaan sholawat nabi muhammad saw teks bahasa indonesia latin lengkap hadist surat tentang rahasia di hari jumat dan lain sebagainya.