Tata Cara Bacaan Doa Niat Mandi Puasa Ramadhan Arab Dan Latin

Tibanya bulan suci ramadhan yang penuh berkah ini, tidak hanya sebatas di sambut dengan cara mempersiapkan diri dan menjaega kesehatan, pakaian-pakaian bersih untuk melaksanakan ibadah, meningkatkan amalan ibadah dan yang lainnya. Akan tetapi menjelang bulan ramadhan juga ada salah satu tradisi yang baik untuk di lakukan yaitu mandi, yang di maksud mandi disini yaitu layaknya sebagaimana kita melakukan mandi besar setelah haid atau sesudah berhubungan dengan di sertai bacaan doa mandi puasa ramadhan.

Mandi wajib sebelum ramadhan ini sudah menjadi tradisi umat muslim di indonesia secara turun menurun, nenek moyang kita selalu melaksanakan mandi menjelang puasa ramadhan. Pelaksanaan mandi ramadhan ini sebaiknya di lakukan sore hari ketika besok paginya mengawali puasa atau waktu sore di akhir bulan sya’ban. Selain sore hari, mandi ini juga bisa di laksanakan pada siang harinya sehari sebelum menjelang ramadhan atau petengan malam sebelum di mulainya berpuasa, artinya mandi ini boleh siang sore atau malam sebelum dimulainya berpuasa ramadhan.

Ada banyak sekali keutamaan dan manfaat ketika melaksanakan madi menjelang ramadhan, selain telah malaksanakan salah satu kebaikan tetapi juga mandi ini bertujuan untuk membersihkan diri dari najis dan kotoran, sehingga tubuh bersih saat mengawali puasa, bahkan dalam islam kebersihan ini sebagian dari iman di mana umatnya di haruskan untuk berlaku bersih baik dari sisi lingkungan terutama bersih badan dari najis. Semoga kita semua mendapatkan keberkahan dari melaksanakan mandi mejelang puasa ramadhan ini.

Doa Niat Mandi Puasa Ramadhan

Tata Cara Mandi Puasa Ramadhan

Dalam hal peraktik atau tata cara pelaksanaan mandi sebelum puasa ini, sebenarnya tidak ada perbedaan seperti ketika melakukan mandi wajib atau mandi besar ketika memiliki hadas besar, seseorang yang akan melaksanakannya bisa memulai mandi ramadhan dengan membaca niat mandi menjelang puasa, selanjutnya mengguyur seluruh tubuh dengan air sambil menggosok-gosoknya, mulai dari bagian atas ujung rambut hingga bawah ujung kaki. pastikan mandi ini di lakukan dengan sempurna yaitu terbasuh seluruh tubuh.

Doa Niat Mandi Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ الغُسْلَ لِدُخُوْلِ رَمَضَانَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu guslal lidhukulissyiami romdhoona hadihisanati sunatallillahi ta’alla.

Artinya: Aku berniat mandi sunat bulan Ramadan karena Allah Ta’ala.

Bagaimana hukum dari mandi menjelang ramadhan ini, sebetulnya mandi ini tidak menjadi syarat berpuasa dan tidak juga sunnah yang sangat di tekankan pelaksanaannya. Mandi ini di lakukan hanya sebatas dalam rangka menjelang bulan penuh berkah dengan membersihkan diri, karena mandi wajib harus di lakukan, jika dalam tubuh ini memiliki hadas besar. Justru yang ada dalam kitab-kitab fikir keterangan tentang disunnahkan mandi setiap malam, waktunya mulai terbenamnya matahari / maghrib sampai terbitnya fajar shodiq / subuh.

.و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة____ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك. الباجوري ١/٨١ و من الأغسال المسنونة غسل العيدين____ولكل ليلة من رمضان معطوف على للاعتكاف أى و من الأغسال المسنونة الغسل لكل ليلة من رمضان قال في النهاية و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والأوجه الأخذ بإطلاقهم قال ع ش و يدخل وقت الغسل بالغروب و يخرج بطلوع الفجر. إعانة الطالبين ٢/٧٢

Ramadhan adalah bulan suci di dalamnya memiliki keberkahan yang tidak bisa di dapatkan pada bulan lain dan hanya ada satu tahun sekeli. Sudah layaknya jika kita sebagai umat islam menyambut kedatangan bulan tersebut dengan berbagai kebaikan salah satu membersihkan diri dari kotoran dan najis. Allah swt mencintai kebersihan dan kebersihan adalah cerminan dari keimanan seseorang, maka dari itu mari kita sama-sama sambut ramadhan ini dengan cara membersihkan diri, pakaian dan tempat-tempat di sekeliling.

Tidak banyak yang bisa di bahas tentang doa niat mandi puasa karena mandi menjelang ramadhan hanya sebagai budaya atau rutinitas yang baik untuk di lakukan. Sementara jika ingin mengejar kesunnahan dengan mandi pada bulan ramadhan, bisa melakukannya setiap malam selema ramadhan mulai dari maghrib hingga menjelang subuh. Meskipun pembahasan ini hanya sekilas, semoga di dalamnya terdapat ilmu bermanfaat yang bisa kalian ambil dan laksanakan, mari sambut ramadhan tahun ini dengan penuh kesiapan.