Berapa Hari Lagi Puasa Bulan Ramadhan 2022, Jatuh Pada Tanggal

Bulan ramadhan 2022 telah tiba, setahun berlalu tidak terasa waktu berjalan begitu cepat, alhamdulillah masih akan bisa merasakan kemuliaan bulan penuh berkah tahun ini yang hanya tinggal menghitung hari. Kegembiraan yang pernah terasa di puasa tahun lalu akan kembali terulang beberapa hari lagi, meski waktu dan keadaannya pasti berbeda, tetapi yang pasti bulan ramadhan ini harus lebih baik dibanding sebelumnya, terutama dalam menjaga kualitas ibadah wajib dan sunnah seperti puasa, sholat tarawih dan amalan-amalan lain.

Sudah tidak sabar rasanya ingin segera mengetahui bulan puasa 2022 berapa hari lagi dan jatuh pada tanggal berapa, agar bisa lebih mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangannya, sehingga nanti bulan ramadhan bisa di jalani dengan baik dan sempurna. Apalagi jika awal bulan puasa bisa di ketahui dengan pasti dari sekarang, tentu akan akan lebih siap menyambut kehadiran bulan kemuliaan ini, namun sayang tanggal 1 bulan ramadhan sendiri tidak bisa secara pasti di ketahui sejak sebelumnya karena harus menunggu kepastian rukyatul hilal.

Namun meskipun begitu, setidaknya dengan adanya kalender hijriyah yang sudah diterbitkan pemerintah dan saat ini beredar di masyarakat secara luas serta banyaknya kalender hijriyah online yang dapat di akses kapan saja. Bisa menjadi gambaran bagi kita semua, untuk mengetahui kapan kira-kira awal bulan ramadhan tiba. Sebab meskipun nantinya ada pebedaan dengan hasil rukyatul hilal yang di umumkan menjelang datangnya ramadhan oleh pihak pemerintah dan para instansi kemenag, biasa hanya terpaut 1 harinya saja.

Berapa Hari Lagi Puasa Bulan Ramadhan Jatuh Pada Tanggal

Sementara jika melihat dari penanggalan kalender hijriyah tahun ini maka (” Tanggal 1 Bulan Ramadhan 1443 H Jatuh Pada Hari Minggu 3 April 2022 M “) Namun harus di ingat kembali bahwa penanggalan kalender hijriyah ini, bukanlah kepastian bahwa bulan ramadhan tahun ini akan jatuh pada tanggal tersebut, karena untuk masyarakat indonesia harus menunggu dulu keputusan dari pemerintah yaitu hasil rukyatul hilal yang di umumkan nantinya lewat sidang isbat, semoga aja tahun ini tidak perbedaan pelaksanaan puasa.

Bagi umat islam sendiri mengetahui penanggalan hijriyah ini sangat penting sekali, bahkan bisa juga di katakan sebagai wajib. Karena ada banyak sekali ibadah sunnah termasuk wajib yang di lakukan pada tanggal dan hari tertentu seperti hari raya idul fitri dan idul adha, puasa ayamul bidh, arafah dan tarwiyah, asyura dan tasua serta yang lainnya. Apabila puasa tersebut di lakukan pada tanggal lain misalnya puasa asyura di lakukan pada tanggal selain 10 muharram, maka tentunya tidak akan mendapatkan pahala dan keutamaan puasa arafahnya.

Maka dari itu, bagi umat islam indonesia tidak hanya penting untuk memiliki kalender nasional tetapi juga kalender hijriyah. Jika susah memiliki keduanya, setidaknya mengetahui bagaimana mendapatkan sumber pasti penanggalan islam. sebab tidak bisa di pungkiri untuk kalender hijriyah ini, tidak banyak tersebar sebagaimana kalender nasional, sehingga beberapa kalangan mungkin saja tidak memiliki kalender penanggalan islam. Namun tidak perlu khawatir sebab saat ini kalender atau penanggalan hijriyah ini, bisa di temukan atau di ketahui secara online seperti salah satunya yang tersedia di sini tentang penanggalan awal bulan ramadhan.

Mempersiapkan diri menjelang datangnya bulan ramadhan dengan cara mengetahui penaggalan kapan masuk tanggal 1 puasa, sangatlah penting sekali, bahkan sebaiknya ketahui juga penaggalan bulan sebelumnya yaitu sya’ban, sebab syaban juga adalah bulan mulia yang bisa di jadikan momen berharga untuk menyambut kedatangan bulan penuh berkah yaitu ramadhan, sehingga pada bulan sya’ban juga ada amalan sunnah berupa puasa, slah satu manfaat dan hikmah dari puasa sya’ban ini yaitu agar kita siap menjalani puasa sesungguhnya sebulan penuh pada bulan ramadhan.

Semoga informasi mengenai berapa hari lagi puasa bulan ramadhan 2022, jatuh pada tanggal ini bermanfaat bagi kita semua dan semoga menjadi informasi yang bisa memotivasi untuk lebih meningkatkan amalan-amalan selama bulan ramadhan. Tentunya dengan mengetahui penaggalan hijriyah tentang ramadhan ini, kita semua akan lebih siap menyambut kedatangnya, dibanding dengan tidak mengetahui sebelumnya. Yang kita harapkan, semoga saja penggalan hijriyah todak ada perbedaan dengan hasil rukayatul hilal pemerintah indonesia.